Sekapur Sirih Visit Banda Aceh 2011

09.41

Pagi itu, tepatnya pada 26 Desember 2004, gempa bumi dahsyat berkekuatan 9,3 SR terjadi di utara Pulau Simeuleu, Banda Aceh. Menyusul terjadinya gelombang tinggi tsunami yang menyapu daratan Aceh dan Sumatera Utara. Ratusan ribu korban tewas dan luka-luka, kerusakan infrastruktur yang sangat parah, ratanya rumah penduduk dengan tanah, dan hilangnya mata pencaharian penduduk akibat tsunami menimbulkan duka tersendiri bagi masyarakat Aceh dan Indonesia. Aceh seolah dibuat tak berdaya dengan bencana alam yang menimpa mereka.

Peristiwa yang terjadi 7 tahun yang lalu itu masih tergambar jelas di benak kita. Tangis, luka, kehilangan, dan kehancuran yang terjadi pada pagi itu, ternyata tidak menyurutkan semangat masyarakat Aceh untuk bangkit. Masyarakat Aceh sadar bahwa mereka harus bangkit dan menghadapi kenyataan yang ada dengan penuh pengharapan. Semangat dan motivasi yang dimiliki warga Aceh ini membuat Aceh mampu berdiri kembali sebagai provinsi yang bisa dibanggakan Indonesia.

Tak heran jika 7 tahun setelah peristiwa tsunami, Aceh mampu mengikrarkan momentum Visit Banda Aceh 2011. Hal ini membuktikan bahwa Aceh siap membuka dirinya kembali untuk dunia. Tentu kita patut mengapresiasi setiap langkah dan upaya yang dilakukan masyarakat Aceh dalam revitalisasi pesona Serambi Mekah. Diharapkan Visit Banda Aceh 2011 juga dapat membuka mata dunia bahwa Aceh adalah wilayah yang memiliki kekayaan berlimpah di Indonesia.

Aceh yang dikenal dengan julukan Serambi Mekah ini adalah sebuah kota yang berdiri pada tanggal 22 April 1205. Kota yang dulu dikenal dengan sebutan Kutaraja ini merupakan pusat pemerintahan, juga pusat segala kegiatan ekonomi, politik, sosial, budaya, dan pariwisata di Provinsi Aceh. Dengan luas 61,36 km2, Aceh terbagi menjadi 9 kecamatan, yakni Baiturrahman, Banda Raya, Jaya Baru, Kuta Alam, Kutaraja, Lueng Bata, Meuraxa, Syiah Kuala, dan Ulee Kareng. Meskipun memiliki luas wilayah yang relatif kecil, Aceh menyimpan pesona yang patut kita acungi jempol.

Berbagai pesona Aceh dapat kita temukan lewat wisata yang dapat kita ikuti di Aceh. Sebut saja, wisata kuliner, wisata sejarah, wisata budaya, dan wisata alam. Berbagai wisata yang ada diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan domestik maupun internasional secara signifikan. Maka dari itu, mari kita lihat wisata yang ada di Aceh lebih dekat.

You Might Also Like

1 komentar

  1. Sungguh indah pesona alam, wisata islami dan wisata budaya di banda aceh ini.

    BalasHapus

Popular Posts

#GenerasiHarapanBangsa

#GenerasiHarapanBangsa